Jam Oprasional Kantor Desa Bunutin dari jam 08.00 - 13.00

Artikel

PEMBINAAN ADMINISTRASI KADER POSYANDU, POSBINDU, BKL,BKB DAN RDS,

20 Desember 2021 11:28:10  Administrator  79 Kali Dibaca  Berita Desa

Bunutin ( 20/12/2021) telah di laksanakan kegiatan pelatihan administrasi Kader BKB, BKL, RDS,  posyandu,  dan Posbindu  yang di berikan pelatihan oleh Staf  UPT.Puskesmas kintamani III  yakni Ni Wayan Adnyani, Putu Emmy Priyanti dan  Wulan Triutami. adapun Pembahasan Materinya  Tentang:

1.  Bina Keluarga Balita (BKB)  adalah upaya peningkatan pengetahuan,            keterampilan,dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina  tumbuh kembang balita melalui rangsagan fisik,motorik,kecerdasan, sosial,  emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota, pada prinsip BKB adalah menitikberatkan kepada pembinaan orang tua dan anggota keluarga yang memiliki anak dan balita dengan menggunakan kartu kembang anak (KKA).

2. Bina Keluarga Lansia BKL merupakan suatu kegiatan yag dilakukan secara kelompok dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bagi keluarga yang mempunyai orang tua atau lanjut usia sehingga seluruh keluarga harus bisa memberikan suasana yang tentram da nyaman tetapi juga dinamis.  adapun tugas dan fungsi kader yaitu melakukan penyuluhan, melakukan kunjungan rumah,melakukan pembinaan, melakukan rujukan, melakukan pencatatan, konsultasi ke PLKB dan tim pembina

3. Rumah Desa Sehat (RDS) adalah sekretariat bersama bagi para pegiat pemerdayaan masyarakat da pelaku pembangunan desa di bidang kesehatan yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan da forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan.

4. Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan, tujuan posyandu adalah  menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil) melahirkan dan nifas.adapun kegiatan kader posyandu balita adalah pengukura berat badan, tinggi badan dan imunisasi. 

5.Pos Binaan Terpadu  (Posbindu) merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular  terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan  dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang di kelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. sasaran posbindu adalah wanita dan laki-laki produktif yaitu usia 15 tahun -59 tahun, kegiatan pembinaan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahahuan kader tentang posbindu. 

kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula gedung PAUD desa bunutin dari pukul 09.00- 11.30  wita. 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:182
    Kemarin:135
    Total Pengunjung:90.187
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.230.142.168
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru

HUB KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami